Oleh: laodeidacenter | 2012/03/01

Pertemuan PNoWB Cabang Indonesia

Pertemuan PnoWB Cabang Indonesia tanggal 16 Maret 2011 di Jakarta. Pertemuan ini dihadiri oleh:  Zulmiar Yandri (Anggota DPR RI), Elnino (Anggota DPD RI), Ema Yohana (Anggota DPD RI), Mr. Stefan G. Koerberle (Country Director Bank Dunia di Indonesia), Atte Sugandi (Anggota DPR RI/Ketua PnoWB Cabang Indonesia), Habib Hamid Abdullah (Anggota DPR RI), Laode Ida (Wakil Ketua DPD RI), Jacob Jack Ospara (Anggota DPD RI), Randy Salim (Pejabat Komunikasi Bank Dunia), Mutia Hafid (Anggota DPR RI)

 

Laode Ida Wakil Ketua DPD RI selaku Pengurus Parliamentarian Network on The World Bank (PNoWB) mewakili Asia mengundang anggota DPR dan DPD yang tergabung dalam PNoWB Cabang Indonesia dan Kepala Perwakilan Bank Dunia Indonesia dalam sebuah pertemuan berkala. PNoWB Cabang Indonesia sangat berkepentingan dengan Laporan Perkembangan Proyek Bank Dunia di Indonesia.

 

Beberapa hal yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Dunia Indonesia Mr. Stevan G. Koeberle adalah:

1.      Bank Dunia Perwakilan Indonesia sangat mengapresiasi pertemuan antara Bank Dunia dengan anggota parlemen (DPD dan DPR) yang tergabung dalam Forum PNoWB Cabang Indonesia.

2.      Laporan berbagai proyek Bank Dunia di Indonesia akan disampaikan kepada DPD dan DPR dalam forum PNoWB. Berbagai data proyek Bank Dunia di Indonesia dapat dilihat di website Bank Dunia.

3.      Bank dunia sangat menyambut baik keinginan dari anggota parlemen Indonesia untuk ikut mengawasi proyek Bank Dunia di Indonesia. Implementasi dari program ini adalah akan disusun perencanan untuk melakukan kunjungan lapangan (field visit) untuk meninjau proyek secara langsung. Sebagai tindak lanjut Bank Dunia akan mengundang PnoWB Cabang Indonesia untuk berkunjung ke Kantor Bank Dunia Jakarta.

4.      Kepala Perwakilan Bank Dunia menyatakan bahwa bank Dunia tidak identik dengan USA dan juga tidak identik neo liberal, para staf yang bekerja di bank Dunia berasal dari berbagai negara.

 

Pertanyaan kritis yang disampaikan oleh anggota PNoWB kepada Stevan G. Koeberle adalah:

1.      Banyak proyek pemberdayaan masyarakat seperti dana BOS dan PNPM ternyata berasal dari utang luar negeri (bank Dunia) dengan jumlah yang sangat besar, tanpa ada akses parlemen untuk mengetahui jumlah dana yang dipinjam dan sejauhmana efektifitas proyek tersebut.

2.      Manajemen fee berbagai proyek yang didanai dari utang luar negeri sangat besar dan tenaga ahli proyek tersebut juga dari negara donor, sedangkan tenaga ahli lokal (recipient) dihargai dengan gaji lebih rendah. Hal ini berarti dana tersebut sebetulnya akan kembali lagi kepada sang donor dan Indonesia (sebagai reciepient) akan semakin terlilit utang. Karena itu sangat perlu untuk melakukan reformasi sistem mendapatkan bantuan dari negara donor.

 

Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari pembicaraan tersebut adalah:

1.      Telah terbentuk PNoWB Cabang Indonesia dengan Ketua adalah Atte Sugandi.

2.      Sangat banyak proyek Bank Dunia di Indonesia baik berasal dari dana loan/pinjaman maupun dari Grant Bank Dunia memerlukan pengawasan dan audit untuk efektifitas proyek tersebut.

3.      Parlemen perlu dilibatkan dalam program/proyek Bank Dunia dari sisi perencanaan, pengawasan dan terutama sekali untuk mengetahui jumlah dana yang digunakan dalam setiap proyek yang didanai dari dana pinjaman negara yang akan dibayar oleh seluruh rakyat Indonesia.

4.      PNoWB Cabang Indonesia akan diikutsertakan dalam pengawasan proyek Bank Dunia di berbagai daerah di Indonesia.

5.         Sistem/mekanisme menerima bantuan akan diperbaiki terutama sistem manajemen fee yang pro negara recipient.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: